Minggu, 24 Oktober 2010

Indonesia Terima US0 Juta untuk Uji Coba RED

TEMPOINTERAKTIF BY KARTIKA CHANDRA

06-01-10 19:58
REDD News

TEMPO Interaktif, Jakarta - Indonesia menerima bantuan lebih dari US0 juta untuk mengembangkan mekanisme pengurangan emisi akibat deforestasi dan degradasi hutan atau reducing emission from deforestation and forest degradation (REDD). Bantuan ini akan digunakan untuk menyusun strategi dan peraturan baku REDD.



"Keseluruhan ada lebih dari Rp 100 juta dolar," kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di sela acara peluncuran REDD Demonstration Activities di Jakarta, Rabu (6/1). Jika skenario REDD dijalankan, ia menambahkan, akan mengurangi emisi Indonesia lebih dari 16 persen.


Tetapi jika ini ditambah dengan penghentian illegal logging, pengurangan emisi sampai 26 persen seperti yang ditargetkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bisa dicapai dari sektor kehutanan dan lahan gambut.


Beberapa negara bergabung dengan Indonesia untuk mendorong penerapan REDD. Jerman memberikan total bantuan 27 juta euro untuk proyek selama tujuh tahun yang berlokasi di Kalimantan. Norwegia memberikan bantuan dua juta euro untuk tiga tahun, sedangkan Jepang melalui International Tropical Timber Organisation memberi US0 ribu selama tiga tahun, dan Australia memberi bantuan US.


Namun Zulkifli menegaskan pengurangan emisi tidak semata-mata bisa dicapai karena ada bantuan asing. "Kita bisa mengurangi 26 persen itu dari duit kita sendiri, ada anggaran APBN. Tetapi kalau didukung bantuan internasional kita bisa capai 41 persen sampai 2020," katanya.

Original Link : http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2010/01/06/brk,20100106-217616,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar