Senin, 29 November 2010

80 Persen Penebangan Hutan di Amazon untuk Memelihara Ternak


Penebangan Pohon di Hutan Tropis Amazon Semakin Meningkat
30 Nov 2008
Pembabatan Hutan tropis Amazon semakin meningkat. Pada hari Jumat pemerintah Brasil mengumumkan rasio dari penebangan pohon di Amazon meroket untuk pertama kalinya dalam empat tahun ini. Sejak bulan Agustus 2007 sampai dengan Juli 2008, 12.000 kilometer persegi (4.633 mil persegi), berarti lebih dari 4 persen tanah dirusak dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kebanyakan dari daerah tersebut diratakan untuk lahan penamanan kacang kedelai untuk bahan pakan ternak.

Memburuknya Penebangan Hutan Amazon Memalukan Pemerintah Brasil
3 Juni 2008
RIO DE JANEIRO (AFP) — Sebuah kondisi baru yang mengkhawatirkan menunjukkan memburuknya penebangan hutan di Amazon telah memalukan pemerintah Brasil yang dipersalahkan karena telah membuat kecurangan dengan para produsen makanan.
Institut Nasional Penelitian Ruang Angkasa Brasil yang menggunakan satelit untuk menghitung berapa banyak luas hutan hujan yang telah dihancurkan, minggu ini mengumumkan bahwa area seluas 1.132 km2 (437 mil2) telah ditebang atau habis terbakar, berdasarkan perbandingan bulan April 2008.
Itu adalah sebuah penambahan yang sangat besar dari jumlah penebangan hutan yang tercatat selama bulan Maret, dimana institut itu mencatat hutan seluas 146 km2 telah hilang – walaupun awan tebal menyelimuti di bulan tersebut yang menghalangi satelit untuk mengambil gambar-gambar dari tiga perempat luas hutan Amazon. Di bulan April, separuh dari hutan terselubung dari lensa di orbit.
Sebuah perwakilan Greenpeace di Brasil, Sergio Leitao, memberitahu AFP bahwa data di bulan April "sangat mengkhawatirkan."
WWF, grup perlindungan lingkungan hidup lainnya berkata, kondisi terakhir dan mendesak di Brasil ini "harus diperhatikan" untuk menguatkan kembali mekanisme pengendalian hutan.
Menteri lingkungan hidup baru Brasil, Carlos Minc, mengakui bahwa "penebangan pohon tahun ini akan lebih besar daripada yang terjadi di tahun lalu."

Ia menyalahkan harga kacang kedelai dan daging sapi dunia yang tinggi. Kedua komoditas ini merupakan ekspor utama Brasil – yang mengakibatkan pembabatan hutan di Amazon yang dilakukan oleh petani-petani meningkat.
WWF setuju dan berkata "penebangan hutan yang dimulai kembali menunjukkan bahwa kebutuhan pasar lebih diperhatikan daripada isu-isu lingkungan hidup dan menunjukkan bahwa peraturan-peraturan lingkungan hidup tidak berjalan dengan baik."
Tetapi Greenpeace dan grup-grup perlindungan lingkungan hidup lainnya juga menyalahkan pemerintah yang terlalu memberi keluangan terhadap pertanian yang besar dan kuat, seperti yang dimiliki oleh seorang bos kacang kedelai, Blairo Maggi.
Maggi juga merupakan gubernur dari negara bagian Mato Grosso, dimana sebagian besar dari perusakan hutan Amazon terjadi.
Minc menghormati pendahulunya, Marina Silva, yang tidak diduga-duga mengundurkan diri pada bulan lalu setelah kalah dari serangkaian pertempuran dengan pemerintah untuk melawan menteri-menteri yang menginginkan Amazon dikembangkan dan ini merupakan demi kepentingan bisnis pertanian yang kuat.
Menurut institut penelitian ruang angkasa, 794 km2 dari hutan di Mato Grasso hilang bulan lalu, hal ini berarti lebih dari dua pertiga penebangan hutan terjadi di wilayah tersebut.
Institut menunjukkan area 11.200 km2 dari hutan Amazon telah dihancurkan pada tahun 2007 lalu – sebuah area yang mendekati atau hampir sama dengan separuh luas Sicilia.
Para ahli memperkirakan pada tahun 2008 luas penebangannya akan mencapai 20.000 km2. Di dalam dua dekade lalu, 700.000 km2 dari empat juta km2 hutan di sana telah diratakan, ini sama dengan sebuah area seukuran sebuah lapangan sepak bola hilang setiap 10 detiknya. Brasil mendapat banyak kritikan internasional dan mendapat desakan untuk memelihara serta membebaskan Amazon dari hal tersebut.
Presiden Luiz Inacio Lula da Silva telah menekankan bahwa "Amazon adalah milik orang Brasil" – tetapi juga mengumumkan sebuah seri baru dari hukum konservasi yang akan diperkenalkan dalam beberapa hari mendatang.
Minc, yang memiliki catatan aktif masa lalu sebagai sekretaris lingkungan hidup dari negara bagian Rio de Janeiro mendapatkan persetujuan dari Greenpeace telah menyatakan bahwa dia akan melakukan semua yang ia bisa untuk bertempur melawan apapun yang mengganggu hutan.
"Peningkatan ternak bertanggung jawab terhadap lebih dari 80 persen penebangan hutan," ia menyatakan hal ini dalam sebuah konferensi media pada hari Senin lalu.
Ia memperingatkan bahwa peternakan yang ilegal akan ditangkap, dan sebuah sabuk hijau akan diciptakan untuk membatasi daerah-daerah dimana padang rumput akan dibersihkan. Ada banyak keraguan hilang setelah kemajuan dari ukuran itu tercapai.
"Pemerintah harus belajar menyeimbangkan pembangunan ekonomi dan perlindungan lingkungan hidup, jika tidak maka Amazon akan hilang," kata Leitao sambil memperingatkan.
Greenpeace – Kerusakan hutan Amazon karena produksi daging
 10 Jun 2008
Laporan Brasil mengidentifikasi daging sebagai penyebab utama penebangan hutan Amazon. Sebuah laporan oleh Brazil’s Amigos da Terra menemukan bahwa peternakan merupakan faktor utama pendorong penebangan hutan Amazon.
Laporan menyatakan: “Sebenarnya, ada faktor lain yang mungkin terlibat dalam perubahan dan pengalihan hutan, tetapi pendorong utama pengalihan lahan di hutan Amazon adalah untuk mendukung proses produksi peternakan. Peternakan sapi di dalam hutan menjadi investasi dan industri yang besar sehingga perubahan pola makan dan energi harus dilakukan.”

Dekrit Presiden Demi Melindungi Hutan Tropis di Brasil
28 November 2008
Hutan tropis di Pantai Brasil mendapatkan perlindungan. Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva telah menandatangani dekrit untuk proyek rehabilitasi atas 20 persen hutan tropis Brasil yang berada di sepanjang Pantai Atlantik. Sekarang hutan di sana hanya tinggal 7 persen dari hutan tropis dari total awal 1,3 juta km persegi yang tersisa.
Dekrit tersebut berisi motivasi keuangan untuk membangun bisnis yang ramah lingkungan yang dapat membantu memulihkan dan mengamankan sumber daya alam yang berhaga ini.
Yang Mulia, kami menyanjung keputusanmu atas arahanmu kepada rakyatmu menuju masa depan bumi yang penuh kasih dan berkelanjutan. Semoga kepemimpinanmu yang bijaksana akan berhasil.
Kutipan Ceramah Maha Guru Ching Hai yang menekankan pentingnya Hutan Tropis Amazon:
Maha Guru Ching Hai: Mereka masih terus menebang pohon dan melakukan pengrusakan lingkungan. Itu merupakan suatu pembunuhan iklim. Jika Hutan Amazon ditebang semuanya lalu mereka menaman hutan yang lain maka itu harus menunggu beberapa ratus tahun lagi untuk menumbuhkan pohon-pohon agar dapat mencapai kapasitas untuk memproduksi oksigen serta menetralisir racun di udara seperti yang dilakukan pohon-pohon di Amazon. Bukan berarti kita boleh asal menebang dan menanamnya kembali lalu hasilnya akan sama. Ukuran boleh sama tetapi kemampuannya tidak sama. Pepohonan membutuhkan waktu untuk memproduksi keseimbangan yang kita butuhkan untuk bertahan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar