Jumat, 31 Desember 2010

Penasihat Pemerintah Inggris: Makan Sedikit Daging untuk Atasi Perubahan Iklim

Warga Inggris harus makan lebih sedikit daging dan produk-produk susu untuk membantu mengatasi perubahan iklim, demikian pernyataan penasehat pemerintah Inggris.


Profesor Tim Lang, akademisi yang memperkenalkan konsep food miles, mengatakan bahwa mengurangi makan daging dan produk-produk susu akan mengurangi jumlah gas rumah kaca yang diproduksi saat membesarkan hewan ternak.

Ceramahnya dalam pembukaan Hari Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Profesor Tim Lang, yang menganjurkan Pemerintah akan ketahanan pangan dan mengatasi kegemukan, mengatakan salah satu kunci yang bisa dilakukan warga Inggris untuk membantu mengatasi perubahan iklim adalah melalui kebijakan pangan.

Prof Lang, yang mengajarkan kebijakan pangan di City University, menyatakan bahwa dunia sekarang ini menghadapi krisis pangan karena pertumbuhan penduduk tetapi produksi pangan diperlambat oleh iklim yang memanas dan naiknya biaya komoditas.

Ia mengucapkan “dunia bisa menuju kelaparan” dengan menggunakan cara-cara memproduksi pangan yang boros energi.

Ia menyarankan individu-individu dapat membuat perbedaan dengan mengubah diet mereka dengan menghindari makanan yang membutuhkan banyak energi untuk memproduksinya dan menanam makanan mereka sendiri.

Para pemerintah dapat membuat perbedaan dengan meningkatkan alokasi tawaran atau memberikan pengurangan pajak pada produsen pangan yang karbonnya rendah.

Ia mengucapkan, “Kita mesti mengubah diri kita dari konsumen yang pasif ke konsumen yang aktif. Kita perlu melobi pemerintah agar berubah, makan lebih sedikit daging dan lebih sedikit produk susu, dan lebih banyak berkebun…. Dan kita perlu mempelajari kembali keterampilan berkebun yang telah hilang dari kita.”

Ia berujar sistem pangan harus menjadi yang terdepan, dengan memperhitungkan isu-isu semacam air, perubahan iklim, nutrisi, dan keterjangkauan.

PBB baru-baru ini berkata salah satu cara terbaik bagi dunia untuk mengurangi emisi dari makanan adalah makan lebih sedikit daging, karena hewan ternak mengeluarkan gas rumah kaca metana dan menggunakan banyak energi untuk memproduksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar