Rabu, 27 Oktober 2010

Aceh Tuan Rumah Pertemuan GCF Task Force-3

HARIAN ANALISA

10-05-10 22:53
REDD News

Banda Aceh, (Analisa)

Provinsi Aceh akan menjadi tuan rumah pertemuan Governors Climate and Forestry (GCF) Task Force-3 untuk melanjutkan pembahasan isu perubahan iklim dunia yang berlangsung pada 17-22 Mei 2010 di Banda Aceh.

Ketua panitia GCF Task Force-3, Husaini Syamaun, menjelaskan, untuk menyukseskan pertemuan tersebut, pihaknya telah hampir rampung melakukan berbagai persiapan.

Beberapa negara bagian yang menjadi tim tetap GCF sudah menyatakan kesediaan mereka untuk hadir seperti delegasi dari Amerika Serikat (AS) yaitu California, Illinois dan Wisconsin. Sementara dari Brazil yang sudah mengonfirmasi untuk hadir seperti negara bagian Amazon, Mato Grosso, Para dan Acre serta Mexico dan Liberia.

Sedangkan dari Indonesia, sejumlah provinsi yang menjadi tim tetap dan dipastikan hadiri GCF Task Force-3 di Aceh yaitu Papua, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.

Selain tim tetap tersebut, sejumlah delegasi dari beberapa negara juga akan hadir sebagai peninjau seperti Sabah (Malaysia) serta negara bagian Cross River di Nigeria.

"Persiapan yang kita lakukan sudah hampir rampung. Kita sedang menunggu konfirmasi kehadiran beberapa delegasi yang kita undang untuk hadir," ujar Husaini Syamaun, Sabtu (8/5).

Pertemuan GCF Task Force-3 merupakan kelanjutan dari GCF Task Force-2 yang digelar di California, Los Angeles, Amerika Serikat pada 30 September 2009.

Salah satu rekomendasi dari GCF Task Force-2 adalah keberlanjutan kerja sama untuk memastikan hasil yang nyata dalam konteks upaya memerangi perubahan iklim melalui sektor kehutanan.

Husaini Syamaun yang juga Kepala Bapedalda Aceh itu mengatakan, pada pertemuan tersebut diharapkan akan menghasilkan beberapa komitmen yang akan mendorong para pihak untuk lebih cepat mengikat hasil dari Protokol Kyoto.


Protokol Kyoto adalah sebuah amandemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) berupa persetujuan internasional mengenai pemanasan global.


Ketua Organizing Committe tim Task Force Reducing Emission from Deforestation and Degradation (REDD) Aceh, Fadmi Ridwan, menyatakan dari pertemuan tersebut diharapkan akan melahirkan sebuah protokol. (mhd)

Original Link : www.analisadaily.com/index.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar