Kamis, 28 Oktober 2010

Sejumlah negara hadiri GCF di Aceh

WARTA ACEH

15-05-10 21:14
REDD News

BANDA ACEH - Sejumlah delagasi dalam dan luar negeri dipastikan hadir pertemuan "Governors Climate and Forest (GCF) Taskforce Meeting" yang dijadwalkan berlangsung di Banda Aceh, 18-21 Mei 2010.

"Kami sedang melakukan berbagai persiapan dan penyempurnaan menyambut pelaksanaan GCF Taskforce Meeting 2010," kata ketua panitia pelaksana GCF Taskforce Meeting 2010, Husaini Syamaun, di Banda Aceh, tadi siang.

Dikatakan, dalam pertemuan GCF tersebut selain dihadiri tingkat sub-government juga akan hadir sejumlah wakil dari negara anggota dan negara pengamat.

Anggota GCF antara lain dari Indonesia (Provinsi Aceh, Papua, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Papua Barat). Kemudian, Brazil (Mato Grosso, Amazonias, Para, Amappa, dan Acre) , dan Amerika (Illinois, Wisconsin, and California). Sementara negara pengamat yang dijadwalkan hadir adalah wakil dari Meksiko, Nigeria, Kanada, Liberia dan negara jiran Malaysia.

GCF Taskforce Meeting 2010, katanya, amat penting bagi upaya mengurangi emisi karbon akibat kegiatan industri, dengan cara memelihara kelestarian hutan.

"Upaya untuk mengimbangi emisi gas karbon akibat kegiatan industri melalui kompensasi jasa lingkungan bagi pelestarian hutan ini lazim disebut sebagai Reduced Emission from Deforestation and Forest Degradation (REDD)," tambahnya.

Untuk itu, GCF meeting diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah pelestarian hutan dan menjamin hak rakyat melalui pelaksanaan REDD di negara-negara anggota.

Husaini yakin bahwa para delegasi tidak terpengaruh dengan terjadinya gempa berkekuatan 7,2 pada Skala Richter (SR) yang mengguncang Aceh pada 9 Mei 2010.

"Gempa memang sempat membuat kami was-was, karenanya kami segera melakukan pengecekan di lapangan untuk memastikan tak ada dampak fatal dari gempa," tambahnya.

Editor: SATRIADI TANJUNG

Original Link : http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=114484:sejumlah-negara-hadiri-gcf-di-aceh&catid=13:aceh&Itemid=26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar